Ekstrakurikuler Pramuka 18 November 2022

Hari ini tanggal 18 November 2022, pelatih Kwartir Daerah Jawa Tengah selaku narasumber webinar mengatakan, pendidikan kepramukaan itu adalah proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Inilah yang menjadi spirit mengapa pendidikan kepramukaan diwajibkan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

“Nilai-nilai kepramukaan terkandung dalam dasa darma dan tri satya,” katanya. Dasa darma merupakan sepuluh kebijakan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu (1) takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, (3) patriot yang sopan dan ksatria, (4) patuh dan suka bermusyawarah, (5) rela menolong dan tabah, (6) rajin, terampil dan gembira, (7) hemat, cermat dan bersahaja, (8) disiplin, berani dan setia, (9) bertanggung jawab dan dapat dipercaya, dan (10) suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Semoga para siswa dan siswi dapat mengambil nilai-nilai yang telah diajarkan, dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, jangan lupa jaga kesehatan teman-teman.

 

Terima Kasih!

 

Sumber :https://ditsmp.kemdikbud.go.id/